SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-16 memulai petualangan di Piala AFF U-16 dengan meyakinkan melalui kemenangan telak 3-0 atas Singapura dalam pertandingan yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam. (Istimewa/PSSI)

Solopos.com, SOLO — Timnas U-16 Indonesia memulai petualangan di Piala AFF U-16 dengan meyakinkan melalui kemenangan telak 3-0 atas Singapura dalam pertandingan yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam.

Menguasai bola 60% sepanjang laga, tiga gol Garuda Muda diciptakan Muhammad Mierza di menit ke-39 melalui sundulan, sepakan penalti Evandra Florasta di menit ke-59, dan eksekusi jarak dekat Fadly Alberto di menit ke-87.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Kemenangan ini menyamai hasil Laos U-16 yang juga menang dengan skor 3-0 atas Filipina di laga beberapa jam sebelumnya.

Timnas U-16 memulai pertandingan dengan sedikit gugup. Beberapa kali kesalahan umpan ke daerah pertahanan Singapura U-16.

Selain itu, umpan-umpan langsung ke depan kotak penalti Singapura seringkali mudah dipatahkan.

Sebaliknya, Singapura U-16 bermain lebih tenang dan tidak terpancing permainan cepat Timnas Indonesia.

Mereka bermain lebih defensif dan mengutamakan keseimbangan dalam bertahan, sehingga bisa menghambat transisi tuan rumah.

Petaka justru sempat datang bagi Timnas Indonesia U-16 di pertengahan babak pertama.

Bermula dari pergerakan Uchenna Emmanuel Eziakor di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia U-16.

Umpan silangnya salah diantisipasi Putu Panji dan mengakibatkan handsball di kotak penalti.

Kiper Garuda Muda, M. Ichsan kemudian tampil sebagai pahlawan dengan menepis penalti dari Mao Zhixuan Nathan yang maju sebagai eksekutor.

Timnas Indonesia U-16 mendapatkan momentumnya setelah penalti tersebut.

Muhammad Mierza sempat menjebol gawang dari Jarec Ng Rui Le di menit ke-34 tetapi dianulir wasit karena dalam posisi offside.

Gol akhirnya datang bagi Timnas Indonesia U-16 tidak lama berselang.

Sundulan dari Muhammad Mierza memanfaatkan lemparan jauh dari Raihan Apriansyah berhasil mengoyak jala Singapura U-16 di menit ke-39.

Skor berubah menjadi 1-0.

Unggul satu gol, Garuda Muda makin percaya diri. Meski begitu, Garuda Muda hanya mampu mencetak satu gol sebelum turun minum.

Di babak kedua, tim asuhan Nova Arianto ini tetap mendapatkan momentumnya sejak awal dan mencatatkan satu sepakan tepat sasaran di menit ke-49.

Gol kedua Garuda Muda akhirnya datang di menit ke-57. Bermula dari akselerasi Daniel Alfredo, pemain akademi Dewa United ini kemudian dilanggar oleh Rauf Anaqi Khan di kotak terlarang.

Penalti yang dieksekusi Evandra Florasta ke tengah gawang tidak mampu dijangkau Jarec Ng Rui Le dan mengubah skor menjadi 2-0.

Timnas Indonesia U-16 tidak mengendurkan tekanan hingga ujung laga, akhirnya gol dari Fadly Alberto di menit ke-86 membuat Singapura U-16 kesulitan untuk memperkecil kedudukan hingga 90 menit berjalan.

Skor 3-0 menjadi hasil akhir dari pertandingan ini.

Susunan pemain

Indonesia U-16 (4-3-3)

M. Ichsan (kiper); Fabio Azkairawan, Raihan Apriansyah, Putu Panji, Mathew Baker; Nazriel Alfaro, Daniel Alfredo, Evandra Florasta; Zahaby Gholy, Fadly Alberto, Muhammad Mierza



Singapura U-16 (4-2-3-1)

Jarec Ng Rui Le (kiper); Rauf Anaqi Khan, Kieran Tan, Muhammad Ilya Naufal, Muhammad Luth Harith; Andy Reefqy, Mohamad Nyqil Iyyan; Sarrvin Raj, Harith Danish, Mao Zhixuan Nathan; Uchenna Emmanuel Eziakor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya