SOLOPOS.COM - Australia mengalahkan Malaysia dengan skor 2-0 dalam laga Grup C Piala AFF U-16, Rabu (25/6/2024). (Ist/ IG @famalaysia)

Solopos.com, SOLO — Malaysia U-16 gagal merebut kemenangan kedua setelah ditekuk Australia U-16 dengan skor 0-2, di Stadion Sriwedari, Solo, Rabu (26/6/2024) sore.

Sebelumnya Malaysia memuncaki Grup C Piala AFF U-16 setelah menang telak 5-0 atas Timor Leste.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Bagi Australia, kemenangan itu Kemenangan membuka peluang mereka untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 setelah di laga perdana ditahan imbang Thailand 0-0.

Gol dari Australia ke gawang Malaysia dicetak Amlani Tatu di injury time babak pertama dan satu gol dari pemain pengganti Jethro Jabez Bolongi di menit ke-90.

Dengan hasil ini, Australia U-16 memuncaki klasemen Grup C dengan raihan empat poin.

Sedangkan Malaysia U-16 menempati posisi kedua dengan tiga poin.

Pertandingan kedua tim berjalan menarik sejak menit awal. Malaysia berani tampil menekan di menit-menit awal babak pertama.

Harimau Malaya Muda memanfaatkan kecepatan dari Izzudin Afif Bin Nazarudin yang kerap merepotkan pertahanan Australia U-16.

Laga ini juga tampak dihadiri oleh pemain bintang Persis Solo, Alexis Messidoro yang menyaksikan sejak awal babak pertama.

Tekanan dari Malaysia U-16 hanya mengendur memasuki 15 menit laga berjalan. Socceroos mendapatkan momentumnya untuk membangun serangan.

Mereka mengandalkan akselerasi dari Nickolas Gustavo Alfaro dan Amlani Tatu. Di sisi sebelah kiri pertahanan Malaysia U-16.

Peluang perdana Australia U-16 hadir melalui eksekusi Amlani Tatu dari jarak dekat tapi masih bisa disapu Aisy Aqasha Bin Noorazhar tepat di garis gawang.

Australia U-16 masih terus mendominasi setidaknya hingga water break. Perlahan, Malaysia U-16 berhasil menemukan momentumnya untuk bangkit.

Peluang pertama Malaysia hadir ketika sepakan jarak jauh Muhammad Awal Wafiy Bin Ahmad Syukri tidak mampu dibaca oleh Jai Ajanovic, beruntung masih membentur mistar gawang.

Terus menyerang, Malaysia U-16 meninggalkan celah di lini belakang dan berhasil dimanfaatkan Australia U-16.

Bermula dari transisi cepat di sebelah kanan pertahanan Malaysia, eksekusi jarak jauh Amlani Tatu berhasil menghujam gawang dari Muhammad Naqqiudin Bin Zamzuri tepat sebelum wasit meniup peluit panjang tanda jeda babak pertama.

Skor 1-0 bagi Australia U-16 berusaha disamakan oleh para pemain Malaysia di babak kedua.

Mereka mengubah cara bermain dengan lebih langsung untuk memanfaatkan kecepatan kedua sayap.

Permainan berjalan keras di babak kedua, gesekan antarkedua pemain kerap terjadi memaksa wasit mengeluarkan dua kartu kuning.

Australia U-16 bermain lebih dominan daripada Malaysia U-16. Hasilnya duet pemain pengganti menjadi aktor gol kedua.

Anthony Stipe Didulica memberikan umpan matang ke kotak penalti dan langsung disambar Jethro Jabez Bolongi dan mengubah skor menjadi 2-0.

Susunan pemain

Australia U-16 (4-4-2)

Jai Ajanovic; Malual Kuir, Jayden Peter Necovski, Christian David Pullella, Alexander Lech Garbowski; Nickolas Gustavo Alfaro, Quinn Macnicol, Alexander Jesse Bolton, Jay Noah Maltz; Amlani Tatu, Jordan Graroski

Pelatih: Bradley John Maloney



Malaysia U-16 (4-3-3)

Muhammad Naqqiudin Bin Zamzuri; Adam Hakimi Bin Mohd Zaki, Aisy Aqasha Bin Noorazhar, Muhammad Amar Imran Bin Uzaini Ashadi, Muhammad Rizzqin Uqail Bin Mohd Sany; Tengku Hasyri Shah Meerza Bin Tengku Hazman, Muhammad Awal Wafiy Bin Ahmad Syukri, Muhammad Fahmi Bin Nor Farizamal; Arayyan Hakeem Bin Norizam, Izzuddin Alif Bin Nazarudin, Haziq Azik Ahyok Bin Abdul Qayyum

Pelatih: Javier Jorda Ribera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya