SOLOPOS.COM - Aksi forward Kesatria Bengawan Solo, Kentrell Barkley saat melawan Bali United Basketball di GOR Merpati, Bali dalam lanjutan IBL 2024, Rabu (29/5/2024)

Solopos.com, JAKARTA – Rekor unbeaten 16 kali Kesatria Bengawan Solo (KBS) terpangkas setelah tumbang dari Pelita Jaya Jakarta. KBS menyerah dengan skor 69-88 dari Pelita Jaya Jakarta dalam lanjutan IBL 2024 di GOR Universitas Negeri Jakarta, Minggu (2/6/2024).

Sebenarnya, Kesatria Bengawan Solo bisa mengimbangi permainan Pelita Jaya hingga paruh laga. Pelita Jaya tidak diberikan kenyamanan untuk menyerang paint area sejak tepis mula. Taylor Johns dan CJ Gettys tampil tangguh di kuarter pertama, memaksa Justin Brownlee, James L Dickey dan Vincent Kosasih kesulitan mencetak poin.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Rotasi-rotasi yang dilakukan Pelita juga dilakukan untuk mengeksplorasi keunggulan size dari para pemain. Kuarter kedua ditutup dengan skor sama kuat 39-39. Dampak dari penggunaan dua big man oleh KBS, membuat serangan tidak begitu berkembang karena Kentrell Barkley tidak terlalu banyak mendapatkan menit bermain di dua kuarter awal.

Di kuarter ketiga, KBS yang mencoba bermain menyerang justru meninggalkan lubang di pertahanan. Pelita Jaya bisa mencetak 31 poin di kuarter ketiga berbanding 15 milik Kesatria Bengawan Solo. Momentum ini diinisiasi oleh permainan Anthony Beane Jr dengan steal cerdik dan permainan agresifnya. Memaksa KBS melakukan 9 kali turnover di kuarter ketiga. 

Selain permainan agresif Pelita Jaya yang cukup menyulitkan Kesatria Bengawan Solo, persentase field goal juga menjadi soal dengan hanya 31 persen secara keseluruhan. Hanya dua pemain yang mencetak field goal di atas 50 persen bagi KBS yaitu Ferdian Purwoko dan Katon Aji Baskoro.

Fast break points yang biasanya jadi senjata KBS justru tidak muncul, sebaliknya Pelita Jaya tampil mengeksploitasi. Pelita Jaya mencetak 30 poin dari fast break berbanding 9 dari KBS. 

Perolehan poin pemain KBS juga tak begitu apik, Kentrell Barkley mencetak 22 poin, 14 rebound. Kevin Moses 12 poin, CJ Gettys 17 poin dan Taylor Johns hanya empat poin. Sedangkan dari bangku cadangan, hanya berhasil mencetak delapan poin.

Pelita Jaya sebaliknya menjalankan rotasi dengan apik. Anthony Beane Jr, 24 poin, James L Dickey 19 poin, 13 rebound. Reza Guntara 12 poin, Justin Brownlee 10 poin dan 10 rebound. Di bangku cadangan, M. Arighi mencetak 8 poin, Yesaya Saudale, empat poin, Brandon Jawato, tiga poin dan enam rebound.

Setelah ini, KBS akan menghadapi Dewa United, Jumat (7/6/2024) dan RANS Simba Bogor, Minggu (9/6/2024). Sedangkan Pelita Jaya akan melawan Dewa United, Sabtu (22/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya