SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto dalam jumpa pers sebelum Piala AFF U-16 di Hotel Solo Paragon, Solo, Kamis (20/6/2024) (IST/ PSSI)

Solopos.com, SOLO — Garuda Muda akan menjalani laga perdana Piala AFF U-16 di Solo, Jawa tengah pada Jumat (21/6/2024) sore.

Indonesia yang berstatus juara bertahan bakal menjadikan ajang tersebut sebagai persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 yang berlangsung Juli mendatang.

Promosi Persib Bandung, Timnas Indonesia dan Percaya Proses

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, berharap anak asuhnya bisa tampil maksimal di Piala AFF U-16.

Dalam jumpa pers jelang Piala AFF U-16 di Solo Paragon Hotel, Kamis (20/6/2024), Nova Arianto menyebut tidak ada beban bagi para pemain jelang Piala AFF U-16.

“Memang Timnas Indonesia sebelumnya adalah juara bertahan, ini tidak jadi beban tapi motivasi kami untuk menyamai prestasi sebelumnya. Harapannya, pemain bisa menampilkan yang terbaik dan tampil maksimal karena AFF ini persiapan untuk menuju Piala Asia AFC,” kata Nova Arianto.

Nova Arianto melanjutkan, para pemainnya tentu merasakan tanggung jawab karena berseragam Merah Putih untuk kali pertama di panggung internasional.

Untuk itu, mantan bek Persib Bandung dan Persebaya Surabaya ini berharap, para pemainnya bisa tampil sebaik mungkin.

“Ini adalah AFF pertama bagi mereka, tentu pemain akan merasakan perbedaan dibandingkan saat bermain untuk klub. Saya harap pemain bisa enjoy di setiap pertandingan. Saya selalu bicara ada tanggung jawab di sana, saya selalu tekankan untuk bermain 150 persen untuk bangsanya,” ulasnya.

Disinggung mengenai lawan-lawan di Piala AFF U-16, Nova mengatakan, semua punya kualitas yang sama dan berpotensi menyulitkan Garuda Muda.

Ia punya pendekatan berbeda dengan pelatih Indra Sjafri dalam metode latihan.

“Saya akan menerapkan hal beda dibanding coach Indra Sjafrie. Di kelompok umur semua level kualitasnya enggak akan berbeda. Yang penting mental dan fisik, di mental saya tekankan untuk tidak menyerah di setiap pertandingan dan untuk fisik saya siapkan pemain bisa bermain konsisten,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya