SOLOPOS.COM - Aksi guard Kesatria Bengawan Solo, Nuke Tri Saputra saat melawan Bali United Basketball di GOR Merpati, Bali dalam lanjutan IBL 2024, Rabu (29/5/2024).(Istimewa)

Solopos.com, BALI – Pelatih Kesatria Bengawan Solo (KBS) Efri Meldi mengatakan kemenangan atas Bali United Basketball dalam lanjutan IBL 2024 menjadi modal penting jelang lawatan tiga laga back to back di Jakarta. 

Kemenangan 90-88 KBS atas Bali United di GOR Merpati, Bali, Rabu (29/5/2024), memastikan rekor unbeaten berlanjut di IBL 2024. Meski begitu, 16 kemenangan beruntung diperoleh Kesatria Bengawan Solo dengan tidak mudah. Kejar-kejaran skor terus terjadi hingga detik terakhir kuarter keempat. Bahkan di 28 detik terakhir kejar-kejaran keunggulan masih berjalan. Kemenangan ini juga menjadikan KBS menyapu bersih dua laga melawan Bali United dengan kemenangan.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Efri Meldi selepas laga mengakui Kesatria Bengawan Solo memang sempat kesulitan di kuarter pertama. Meski begitu, permainan bertahan yang apik menurutnya menjadi modal penting bagi KBS untuk bisa membalikkan keadaan dan meraih kemenangan.

“Yang pasti saya menang dua kali lawan Bali United, hari ini anak-anak start-nya kesulitan. Tapi anak-anak konsisten bisa dengan situasi game yang ketat itu hal positif.  Mereka dapat modal untuk laga di Jakarta. Kami sepakat play as a team dan play defence, kunci kami di defence untuk laga ini,” ujarnya selepas laga di GOR Merpati, Bali, Rabu (29/5/2024).

Pertahanan memang menjadi kunci bagi KBS. Dua block terakhir Taylor Johns dari percobaan Xavier Cannefax menjadi kunci kemenangan KBS, selain steal cerdik dari Nuke Tri Saputra yang memaksa Abraham Wenas melakukan turn over di 30 detik terakhir kuarter keempat.

“Menurut saya, defence itu kunci, di detik terakhir kami sudah team foul dan mereka [Bali United] pasti main attack. Nuke main defence luar biasa dan ada dua block dari Taylor Johns, jadi team defence itu penting,” tambahnya.

Selepas ini, KBS akan menghadapi laga penting di Jakarta, melawan Pelita Jaya, Minggu (2/6/2024), Dewa United, Jumat (7/6/2024) dan Rans Simba Bogor, Minggu (9/6/2024) sebelum kembali berlaga di Sritex Arena pertengahan Juni.

“Yang pasti kami akan recovery setelah ini, besok kami berangkat ke Jakarta, latihan jumat dan sabtu, kemudian main lawan Pelita Jaya. Saya harap anak-anak recovery dengan baik,” ujarnya.

Sedangkan menurut CJ Gettys, Bali United menampilkan permainan luar biasa sepanjang kuarter. Ia juga mengamini pernyataan Coach Efri yang menekankan pertahanan sebagai kunci untuk memenangkan pertandingan ini.

“Bali United tim yang bagus, mereka bermain baik, kami punya sedikit keuntungan karena bertahan dengan baik, selama ini kami melatih itu [bertahan]. Kami secara tim terus berjuang, ini tidak mudah, kami menang tipis tapi menang tetaplah menang, tentu ini menjadi modal bagus,” tegasnya.

Kesatria Bengawan Solo yang meraih 16 kemenangan beruntun dan berada di posisi ketiga dengan torehan 33 poin. Selepas ini, melawan Bali United, Pelita Jaya, Minggu (2/6/2024), Dewa United, Jumat (7/6/2024) dan RANS Simba Bogor, Minggu (9/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya