SOLOPOS.COM - Pelatih Spanyol Luis de la Fuente. (Istimewa)

Solopos.com, GELSENKIRCHEN — Pelatih Timnas Spanyol Luis de la Fuente menyebut kemenangan 1-0 melawan Italia pada laga kedua Grup B Euro 2024 di Veltins-Arena, Galsenkirchen, Jumat (21/6/2024), sebagai penampilan terbaiknya sejak mengarsiteki La Furia Roja pada Januari 2023.

Pada laga itu, satu-satunya gol kemenangan Spanyol yang mengantarkan mereka ke fase gugur dicetak oleh gol bunuh Riccardo Calafiori (55’) setelah bek Bologna itu gagal mengantisipasi crossing Nico Williams.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Pertemuan di Euro tahun ini adalah pertemuan Spanyol dan Italia keempat pada ajang besar.

Tiga pertemuan sebelumnya, kedua negara saling berjumpa pada babak semifinal dimulai dari semifinal Euro 2020 ketika Spanyol menang 4-2 dalam adu penalti setelah bermain imbang 1-1 dan dua pertemuan berikutnya tersaji pada dua semifinal UEFA Nations League 2021 dan 2023 dimana Spanyol juga keluar sebagai pemenang dengan skor yang sama yaitu 2-1.

Fuente mengatakan kemenangan atas Italia di Euro 2024 menurutnya terasa “lebih lengkap” daripada kemenangan yang diraih Spanyol atas Azzurri pada ajang UEFA Nations League 2023.

“Ini adalah penampilan terbaik kami sejak saya menjadi pelatih. Kami bermain bagus melawan Italia di Nations League 2023 tapi menurut saya ini adalah penampilan yang lebih lengkap,” kata Fuente, dikutip dari laman resmi UEFA, Jumat.

Dengan total 20 tembakan yang sembilan di antaranya tepat sasaran, dua di antaranya membentur mistar, dan enam di antaranya adalah peluang besar, pelatih 63 tahun itu mengaku sangat bangga.

“Saya sangat bangga dengan hasil dan cara kami memenangkan pertandingan ini, tapi ini adalah turnamen yang sangat menantang. Kami unggul secara keseluruhan. Saya sangat menghormati Italia; mereka mengalami beberapa kesulitan malam ini, tetapi sebagian dari itu adalah karena kami bermain sangat baik,” ucapnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Sementara itu, pemain terbaik pada laga itu Nico Williams mengatakan timnya pantas menang.

Sayap lincah 21 tahun itu juga mengaku sangat senang karena merasa memainkan penampilannya yang paling baik ketika membela La Furia Roja.

“Saya pikir ini adalah penampilan saya yang paling lengkap bersama Spanyol dan saya berharap untuk terus maju dan mampu untuk membantu tim semaksimal mungkin,” katanya.

“Saya selalu bermimpi untuk terlibat di level seperti ini, bermain di Kejuaraan Eropa dan memenangkan Pemain Terbaik Pertandingan, saya senang,” tambahnya.

Pada laga terakhir fase grup, Spanyol akan menghadapi Albania di Dusseldorf Arena pada Selasa (25/6/2024) pukul 02.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya