SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas U-16 Indonesia merayakan gol ke gawang Singapura, dalam laga perdana Piala AFF U-16, Jumat (21/6/2024). (Istimewa/pssi.org)

Solopos.com, SOLO — Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menyebut anak asuhnya sempat gugup meski menang meyakinkan di laga perdana Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024) malam.

Dalam laga yang disaksikan ribuan penonton, Garuda Muda menang 3-0 atas Singapura U-16.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Nova Arianto mengatakan para pemainnya sempat gugup di 15 menit awal laga. Hal tersebut cukup mempengaruhi permainan Garuda Muda di awal laga.

Meski begitu, ia menyebut, para pemainnya memiliki mental yang kuat sehingga bisa bangkit dan akhirnya lepas dari demam lapangan.

Timnas Indonesia U-16 akhirnya berhasil menyudahi laga dengan menang 3-0.

Gol pertama dari Muhammad Mierza di menit ke-40 melalui sundulan, lalu sepakan penalti Evandra Florasta di menit ke-59, dan eksekusi jarak dekat Fadly Alberto di menit ke-87.

Hal itu menjadi modal apik untuk menyongsong laga kedua kontra Filipina pada Senin (24/6/2024).

Di laga sebelumnya, Filipina dihajar Laos dengan skor identik, 3-0.

“Pastinya kami bersyukur atas kemenangan ini, terima kasih kepada semua pemain karena bisa meberikan yang terbaik. Seperti yang saya katakan, ini yang pertama bagi para pemain Timnas Indonesia U-16, tampil berseragam Garuda, tampil di hadapan banyak orang. Saya yakin itu tidak mudah, bisa dilihat di 15 menit pertama kami kesulitan, Singapura juga bermain baik. Tapi para pemain punya mental kuat dan kemudian bangkit,” ujar Nova Arianto di Stadion Manahan, seusai laga.

Nova Arianto menyoroti beberapa peluang yang gagal menjadi gol. Menurut Nova, hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi sebelum melawan Filipina, Senin (24/6/2024).

“Memang banyak kesempatan untuk mencetak gol, itu memang masalah kami saat ini. Tapi pemain sudah bekerja keras, selain itu seperti yang sudah saya katakan, faktor ketegangan pasti ada. Tapi saya yakin pemain berbenah, kami akan perbaiki di saat latihan jadi saat lawan Filipina kami siap dan bisa mencetak gol nanti,” ulasnya.

Mantan bek Persib Bandung ini juga berjanji akan tampil lebih baik di laga selanjutnya.

Menurutnya, Garuda Muda punya potensi besar untuk tampil maksimal di Piala AFF U-16 ini.

“Dari hasil kami puas tapi secara isi pertandingan banyak yang harus kami perbaiki. Saya tekankan ke pemain, ini tidak bisa jadi akhir, tapi awal untuk jadi lebih baik. Jadi ketika ada kekurangan bisa kami evaluasi untuk bermain lebih baik lagi,” tegas mantan benteng Timnas ini.

Pemain nomor 10 Timnas Indonesia U-16, Fadly Alberto mengakui ketegangan di awal laga.

Tapi pencetak gol ketiga Indonesia ini mengatakan, para pemainnya kemudian berbenah dan bisa tampil maksimal di sisa laga.

“Saya bersyukur bisa tampil maksimal di hadapan para penonton, ini memang baru pertama kali. Saya suka dengan mental untuk terus bekerja puas dan tidak mudah puas,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya