SOLOPOS.COM - Pemain Laos U-16 (merah) dan pemain Filipina U-16 (putih), dalam laga pembuka Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Laos U-16 membuka Piala AFF U-16 dengan kemenangan atas Filipina U-16 dengan skor telak 3-0 dalam laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024) sore.

Kemenangan ini membuat Laos U-16 untuk sementara memuncaki klasemen Grup A.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Timnas U-16 Indonesia baru akan bertanding melawan Singapura malam nanti pukul 19.30 WIB di tempat yang sama.

Tiga gol Laos U-16 diciptakan melalui sontekan Daophahad Kamkasomphou di menit ke-39, satu gol bunuh diri Sambalod Fabela di menit ke-49 dan gol dari Vongdeuan Soulibanh di injury time babak kedua.

Laos U-16 bermain lebih baik sejak sepak mula. Tim asuhan Kanlaya Sysomvang meskipun secara fisik kalah dari pemain Filipina namun bermain lebih kolektif.

Kecepatan dari Phayak Siphanom dan Daophahad Kamkasomphou beberapa kali merepotkan lini belakang Filipina di 15 menit babak pertama berjalan.

Sedangkan Filipina U-16 tampak mengandalkan kekuatan dari Balbalin Omitade dalam duel-duel satu lawan satu.

Meski begitu, Filipina sedikit kesulitan dalam transisi dari bertahan ke menyerang karena jarak antarpemain yang terlalu jauh.

Celah-celah ini bahkan bisa dimanfaatkan Laos U-16 untuk menekan Filipina U-16 saat menguasai bola.

Gol dari Laos U-16 juga bermula dari transisi yang gagal dari pemain Filipina U-16.

Bola yang direbut oleh Kadam Koneyer kemudian diumpan kepada Daophahad Kamkasomphou yang berdiri bebeas di tiang jauh.

Dengan mudah Daophahad Kamkasomphou menaklukkan Francisco Sunico di menit ke-39.

Gol kedua juga tidak jauh berbeda, serangan Filipina U-16 yang gagal berhasil dimanfaatkan Ki Mounkanyah yang memberikan umpan silang ke kotak penalti.

Bola salah diantisipasi oleh Sambalod Favela dan masuk ke gawang sendiri, mengubah skor menjadi 2-0.

Filipina U-16 bukan tanpa peluang. Setidaknya ada dua percobaan jarak dekat yang membentur mistar gawang Thitaskhone Sumlivongvath.

Tetapi Filipina U-16 kesulitan untuk bisa mencetak gol karena rapatnya pertahanan Laos U-16. Yuki Matsuda juga mengubah cara bermain dengan memainkan dua penyerang jelang bubaran.

Tetapi permainan long ball dari Filipina U-16 masih mudah dipatahkan lini belakang Laos U-16 di pertandingan ini.

Justru Laos U-16 berhasil menjaduh 3-0 melalui gol dari Vongdeuan Soulibanh di menit ke-97.

Susunan pemain

Laos U-16 (4-3-3)

Thitaskhone Sumlivongvath; Ki Mounkanyah,  Bounsthasak Chandala, Phisith Orr, Thatsaphone Khamphanith; Daophahad Kamkasomphou, Sayyavath Vansavath, Binly Donsanouphit; Kadam Koneyer, Sikanda Xaisongkham, Phayak Siphanom

Pelatih: Kanlaya Sysomvang

Filipina U-16 (4-3-3)

Francisco Sunico; Gauzon Mirasol, Comendador Dalman, Sambalod Fabela, Mariona Maniti; Briones Paulino, Atienza Steen, Dimapilis Long; Pasic Politano, Balbalin Omitade, Sanchez Panganiban

Pelatih: Yuki Matsuda



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya