SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Mochamad Mierza Firjatullah (tengah) berusaha melewati dua pesepak bola Timnas Laos U-16 pada pertandingan Piala AFF U-16 di Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO – Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan dengan Australia U-16 di Semifinal Piala AFF U-16 2024. Kepastian ini didapat setelah Thailand U-16 menang dramatis atas Malaysia U-16 dengan skor 3-1 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (29/6/2024).

Dengan kemenangan tersebut, Thailand U-16 keluar sebagai runner-up terbaik di Piala AFF U-16 2024. Gajah Putih menyingkirkan Kamboja U-16 di Grup B dalam persaingan peringkat kedua terbaik. Baik Thailand dan Kamboja sama-sama mengemas poin tujuh poin, tetapi Thailand U-16 unggul dalam agregat gol (2) dibandingkan Kamboja U-16 (1).

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Di pertandingan lainnya di Grup C, Australia U-16 menjadi juara grup setelah menghajar Timor Leste U-16 dengan skor 12-0 di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (29/6/2024) sore.

Dengan ini, empat tim yang melaju ke Semifinal Piala AFF U-16 telah lengkap. Timnas Indonesia U-16 menjadi wakil dari Grup A, Vietnam U-16 dari Grup B disusul Australia U-16 dan Thailand U-16 sebagai wakil dari Grup C. Sesuai regulasi Piala AFF U-16, jika runner-up terbaik berasal dari Grup A atau C, maka Timnas Indonesia U-16 sebagai juara Grup A akan berhadapan dengan juara Grup C. Sedangkan jika runner-up terbaik berasal dari Grup B, maka Timnas Indonesia akan melawan runner-up terbaik dari Grup B tersebut.

Kemenangan atas Laos U-16 dengan skor 6-1 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024), membuat Garuda Muda menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan raihan sembilan poin, mencetak 12 gol dan kebobolan satu gol. Hasil ini membawa Timnas Indonesia U-16 menjadi tim pertama yang mengunci satu tempat di semifinal Piala AFF U-16 2024.

Mengenai lawan di semifinal Piala AFF U-16, pelatih Nova Arianto mengatakan belum memikirkan calon lawannya saat berhadapan dengan Laos U-16. Ia menyebut, mementingkan progress pemainnya di Piala AFF U-16

“Saya dari awal bicara kami juara adalah target kesekian, tapi bagaimana pemain bisa berkembang. Kami belum berpikir siapa lawan kami di semifinal, kami akan fokus di tiap match, tapi kami akan lihat siapa yang akan kami hadapi di semifinal, Runner up grup C, antara Malaysia, Thailand atau Australia dan Runner up Grup B antara Vietnam, Kamboja, Myanmar. Kami akan evaluasi dan kami akan bersiap siapapun lawan di semifinal,” ucap Nova Arianto dalam press conference pascalaga di Stadion Manahan, Solo, Jumat (28/6/2024).

Nova Arianto melanjutkan, semua pemainnya sudah menunjukkan perkembangan di pertandingan ini. Ia menekankan agar pemain Timnas Indonesia U-16 bisa fokus untuk menatap laga selanjutnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemain yang sudah berjuang, sekali lagi saya tidak melihat hasil, sejak awal secara konsep saya ingin memberikan kepada 23 pemain semua bisa tampil di AFF. Saya bersyukur semua bisa tampil, rata-rata mereka berusaha maksimal, tapi memang ada beberapa yang masih kurang, saya tapi yakin masih bisa berkembang. Saya sampaikan pemain ini bukan akhir tapi awal untuk ke depan biar lebih baik, semoga pemain bisa lebih fokus lagi dan melupakan euforia dari kemenangan ini,” tegasnya.

 

Jadwal Semifinal Piala aFF U-16, Senin (1/7/2024) di Stadion Manahan, Solo

Pukul 15.00 WIB

Vietnam U-16 vs Thailand U-16

Pukul 19.30 WIB

Timnas Indonesia U-16 vs Australia U-16

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya