SOLOPOS.COM - Ketum PSSI Erick Thohir (Istimewa/@erickthohir)

Solopos.com, JAKARTA — Ketum PSSI Erick Thohir menjamin pelaksanaan Liga 1 musim 2024/2025 akan lebih baik dari sebelumnya.

Penerapan video assistant referee (VAR) bakal penuh untuk semua laga. PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga akan memakai wasit asing dari Jepang untuk laga-laga tertentu yang krusial.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Kita ingin liga kita semakin baik ke depan. Kalau liga baik maka sepak bola dan timnasnya akan baik. Jadi untuk Liga 1 musim depan kita pakai VAR 100% dan wasit asing. Untuk wasit asing tentu tidak semua laga, hanya yang penting-penting,” ujar Erick Thohir dalam jumpa pers seusai rapat dengan PT LIB selaku pengelola Liga Indonesia, seperti dikutip Solopos.com dari breaking news KompasTV, Kamis (20/6/2024).

Liga 1 musim 2024/2025 dipastikan mulai bergulir 9 Agustus mendatang, mempertemukan Persib Bandung versus PSBS Biak di Bandung, Jawa Barat.

Persib Bandung merupakan juara Liga 1 musim lalu sedangkan PSBS Biak juara Liga 2 sekaligus promosi ke kasta teratas sepak bola Indonesia.

Selain itu, jadwal Liga dijamin tidak bentrok dengan agenda Timnas Indonesia yang merupakan kalender FIFA.

Sementara turnamen sepak bola di luar kalender FIFA seperti SEA Games dan Piala AFF tidak akan meliburkan liga.

Erick Thohir menegaskan pihaknya tidak akan pernah berkompromi dengan mafia sepak bola yang menjadi penyebab kebobrokan sepak bola Indonesia selama ini.

Ia akan menindak tegas siapapun yang terlibat, termasuk pengurus PSSI ataupun pengurus klub.

“Yang masih mempermainkan, ngatur-ngatur skor, kita sikat habis. Tidak ada tempat untuk mafia bola,” tandasnya.

Direktur Utama LIB Ferry Paulus menyatakan pihaknya sudah menyiapkan jadwal liga untuk tiga tahun ke depan.

Jadwal liga tersebut sudah diatur menyesuaikan dengan agenda Timnas Indonesia di ajang-ajang kalender FIFA.

“PSSI menginstruksikan kepada kami untuk membuat jadwal yang selaras dengan Timnas. Dengan ini kami pastikan jadwal liga untuk tiga tahun ke depan sudah disusun dan tidak akan bentrok dengan agenda Timnas, termasuk kualifikasi Piala Dunia 2026,” ujar Ferry Paulus.

Ia menambahkan jadwal lengkap liga akan dirilis hari ini. Untuk laga perdana Liga 1 musim 2024/2025, juara Liga 1 musim lalu Persib Bandung akan menjamu jawara Liga 2 PSBS Biak.

“Laga perdana digelar di Bandung. Untuk jadwal lengkap kami rilis hari ini,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya